www.adventist.or.id

Sekolah Sabat dan PP

Departemen Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan

Pdt. Dr. Marolop Sagala, Direktur Sekolah Sabat dan Perorangan & ASIDepartemen Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan berusaha memotivasi semua anggota untuk menjadi pelayan Kristen yang dinamis dengan keyakinan bahwa “Gereja Kristus diorganisasikan untuk melayani” (MH 148), dan “Setiap anak laki-laki dan anak perempuan Allah dipanggil menjadi misionaris; kita dipanggil untuk melayani Allah dan sesama manusia.” (MH 395).

Menyadari bahwa “pekerjaan sekolah Sabat adalah penting, dan semua mereka yang tertarik pada kebenaran harus berusaha membuatnya berhasil” (CSW 9); bahwa “sekolah Sabat, jika dilaksanakan dengan benar, adalah salah satu alat Allah yang besar untuk membawa jiwa-jiwa kepada pengetahuan akan kebenaran” (CSW 115); dan bahwa “Setiap gereja harus menjadi sekolah pelatihan bagi para pekerja Kristen. Anggota-anggotanya harus diajar bagaimana memberikan bacaan Alkitab, bagaimana menjalankan dan mengajar kelas-kelas sekolah Sabat, bagaimana paling baik menolong orang miskin dan merawat orang yang sakit, bagaimana bekerja bagi orang yang tidak bertobat . . . . Tidak hanya mengajar, tetapi juga betul-betul bekerja di bawah tuntunan pemimpin yang berpengalaman” (ChS 59); departemen Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan berfungsi sebagai sistem pendidikan dan pelartihan agama pertama di tingkat gereja setempat dari Gereja Masehi Advent hari Ketujuh, di mana mayoritas orang Advent di seluruh dunia belajar pengajaran Alkitab, termasuk ajaran-ajaran Gereja, dan menjadi termotivasi dan diperlengkapi untuk membagikan kabar injil kepada setiap jiwa yang hidup.

Penekanan

Falsafah dan misi Departemen Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan dilaksanakan melalui empat bidang penekanan berikut:

1. Penekanan Iman

a. Membuat injil Kristus yang menyelamatkan menjadi pusat dari semua rencana, proyek dan program Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan; dengan demikian memastikan bahwa semua kegiatan dan bahan-bahan berpusat pada Kristus, berdasarkan Alkitab, dan berorientasi pada pribadi.

b. Memupuk sikap berdoa dan berserah pada semua anggota.

c. Membantu pertumbuhan kerohanian dan iman melalui mempelajari Firman Allah secara teratur dan membagikan iman itu kepada orang lain.

2. Penekanan Persekutuan

a. Membantu perkembangan persekutuan Kristen dalam setiap aspek program mingguan Sekolah Sabat.

b. Bekerja bersama untuk mengembangkan dan menjalankan program dan proyek untuk merekrut anggota baru.

c. Mendapatkan bantuan dari semua pemimpin, para guru dan anggota biasa untuk memulihkan anggota gereja dan anggota Sekolah Sabat yang tidak aktif kepada kehadiran tetap dan partisipasi aktif dalam kehidupan gereja.

d. Mengasuh kehidupan kerohanian anggota yang baru dibaptis.

3. Penekanan pada Menjangkau Masyarakat

a. Membuat setiap bagian program Sekolah Sabat dan Pelayanan Perorangan, kelas, dan pertemuan memberikan suatu pengalaman Kristen bagi setiap anggota agar supaya dia bisa menjadi magnet kerohanian menarik orang-orang lain kepada Kristus.

b. Mengembangkan program terencana yang menuntun semua anggota menemukan karunia-karunia rohani, dan memperlengkapi, melatih dan memobilisasi mereka dalam semua bentuk evangelisasi.

c. Memastikan bahwa semua program pengajaran dan pelatihan dan materi mendorong usaha memenangkan jiwa dan mengasuh dan mempertahankan mereka yang telah dimenangkan kepada Kristus.

d. Waspada terhadap celah-celah keberuntungan yang memberikan kesempatan untuk memenangkan jiwa kepada Sekolah Sabat atau kepada anggotanya.

4. Penekanan Misi Sedunia

a. Memelihara pandangan yang jelas mengenai misi global Gereja.

b. Memupuk dalam anak-anak, para pemuda dan orang dewasa suatu kerinduan

untuk melayani penyebaran Injil ke mana saja Tuhan mau memimpin.

Mengajarkan dan mempromosikan penatalayanan yang bersifat penyangkalan diri yang sistematis untuk mendukung misi sedunia.

 

Adventist.or.id is the Official website of the Seventh-day Adventist Indonesia  · View Regions